Hari itu aku baru aja pulang dari jogja. Hari pertamaku di rumah. Hari itu merapi masih erupsi terus setelah beberapa letusan sebelumnya, dan hujan abu masih belum bosan memutihkan genting genting warga. Aku bangun dan seperti biasa menengok keluar dari jendela kamar dengan mata yang masih belom jelas karena bener bener baru bangun. Di bawah udah banyak mahasiswa yang mendirikan posko kesehatan lagi sibuk masang spanduk, maklum, daerahku udah beberapa tahun terakhir slalu jadi tempat pengungsian bencana merapi. Ku pantengin tu mahasiswa mahasiswa dari balik jendela kamar. Hiyahahaa lumayan, baru aja bangun udah dapat pemandangan indah cowo cowo kece. Mereka kalo ga salah inget anak anak kedokteran dari universitas sultan agung semarang.
Setelah puas mantengin tuh cowo cowo masang spanduk aku cuci muka, habis itu bantu bantuin ibu bersih- bersih rumah, baru mandi. Setelah mandi ku lihat abu udah mulai turun lagi walaupun masih tipis. Agak kaget sih, dan baru nyadar kalo ini di magelang. Karena hari hari kemaren setelah letusan pertama aku masih dijogja dan gak pernah mengalami hujan-hujanan abu, cuma pernah sekali doank si abu turun di jogja pagi pagi kalo ga salah. Hari itu aku cuma nyantai nyantai di kamar sambil online. Kebetulan kondisi badan sejak semalem juga lagi kurang fit. Sekitar jam 10 kulihat hujan abu kok makin deress, tuh si mobil anak posko juga udah gak kelihatan wujudnya, mana kacanya, mana pintunya, secara udah putih bangett, sumpah deres banget hujan abu siang itu, sampai aku musti pake masker terus sepanjang siang itu, padahal cuma di rumah doang, tapi sumpah sesek banget waktu itu, karena tebel banget dan baunya bener bener gak enak. Jujur siang itu perasaanku ga enak banget. Listrik siang itu tiba tiba mati. Cuaca juga mendadak jadi gelap banget, Aku sendirian pula di rumah. ibuku seperti biasa di warung dan pasti lagi rame banget karena pengungsi di lapangan jumlahnya ribuan. Aku sebenernya pengen bantuin tapi lagi gak enak badan banget, lagian di warung juga udah ada 2 karyawan yang bantuin ibuku#ngelessss haha, ya pokoknya siang itu mencekam banget
Sampai akhirnya jam 5 sore di sms in ma ibu suruh bantu bantu di warung karena karyawannya udah pada pulang. Akhirnya setelah mandi aku ke warung. Waktu itu hujan air, makanya ke warungnya agak lari lari pake payung. Setelah sampe warung kulihat udah ada kakak sama ibuku lagi jaga warung, dan kondisi waktu itu masih mati lampu. Diwarung ga pake jenset pula, cuma pakai lilin. Itupun udah pada diborong juga sama para pengungsi. Tiba tiba jeng jeng jeng, bapakku pulang dari kantornya. Aku langsung tertegun ngeliat kondisi mobilnya, rupanya abu sama hujan sejak siang tadi udah membuat mobil bapakku susah ku kenali, bahasa jawanya ''wes ra rupo''. Yo maklum kata mbakku di tempet kerjanya aja udah ujan pasir dan di jalan udah banyak lumpur karena campuran abu sm ujan aer dari siang. Jadi kalo mobil bapakku aja bisa sampe kayak gitu ya gak heran. Tiba tiba sekitar jam tujuh malem itu kakakku ngomong kok kayak ada suara hujan pasir ya. Pas ku dengerin suaranya aku juga langsung ngeh kalo itu hujan pasir, trus aku cek ke luar ternyata di luar ujan pasirnya udah deres bangettt, kayak deresnya ujan aer gitu tapi wujudnya pasir. Wah perasaanku tambah ga enak banget waktu itu. Sumpah baru kali ini ngalamin ujan pasir yang bener bener deres banget. Pas ku cek di fb, umumnya cuma orang orang magelang aja yang statusnya mencekam dan ngomongin ujan pasir. Berarti cuma disini doang neh yang kayak gini. Matinya lampu dari jam sepuluh pagi tadi juga nambahin suasana tambah horor aja, udah gitu mbakku dari tadi bilang uda packing pakaian dari kemarin kalo kalo ada apa apa, nahlo gimana ga tambah parno coba, secara emang keadaannya udah parah banget kayak gini. Kabarnya juga listrik mati itu ada kaitannya juga sama banjir lahar dingin yang udah mulai terjadi di beberapa sungai yang bikin pohon pohon pada nyangkut tuh di tiang tiang listrik ckckck
Lah tiba tiba pas aku lagi horor horornya, tetanggaku dateng belanja lilin neh critanya, dia ngobrol ma ibuku.dia bilang keluarganya juga udah pada packing semua. Ibuku di kasih tau suruh siap siapin ijazah, surat surat penting ma baju baju secukupnya, nahlo aku makin parnoooo tau gak, waktu itu suasana di luar masih hujan pasirr deresss. Akhirnya aku sama kakak disuruh pulang ke rumah yang cuma beberapa meter dari warung buat ambil ijazah ijazah dan baju baju suruh packing smua yang penting penting karena malam ini kita semua mau nginep dirumah kakak bareng bareng, dan perjalananku ke rumah tu dramatis banget karena waktu itu aku jalan dari warung ke rumah dalam suasana yang gelap banget, cuma pake senter kecil sama pake payung, di bawah guyuran hujan yang deres dan itu bukan air. Dan waktu itu jalannya udah berlumpur tebel banget karena pasir yang turun udah nyampur sama beceknya ujan tadi sore. Ya allah bener bener ngeri sampe sekarang kalo inget waktu itu. Setelah sampe rumah, aku buru buru ke kamar dan ambil ijazahku sama baju baju secukupnya lalu turun. Waktu itu aku ngerasain suasana masih mencekam, sepi banget yang kurasain waktu itu. Entah apa yang dirasain orang orang aku ga ngerti karena yang di pikiranku waktu itu gimana kalo nanti malem beneran ada apa apa. Trus ku bawa tu ransel sama apa aja yang udah ku packing. Sempet sih liat kucing kucing di rumah, tapi gak mungkin ku masukin ransel juga dong. Akhirnya aku balik lagi ke warung yang disana udah ada ibu, bapak, ponakan sama kakak ipar. Rencananya kita sekeluarga malam ini mau tidur di rumah kakakku yang deket warung karena lebih siap posisi rumahnya kalo mau kemana mana, kalo sewaktu waktu ada apa apa.
Akhirnya sekitar jam sembilan ibuku nutup warung, kita masuk rumah kakakku. bapakku ngaji di depan tv, ibuku abis sholat isya di kamar. Karena aku lagi ga sholat, aku cuma cuci cuci kaki setelah ngeletakin barang barang packingan. Oya, sepanjang malam itu suara gemuruh ga berenti berenti, nambahin suasana ngeri dan mencekam banget. Kukira tadinya gemuruh mo hujan aer, ternyata sampe jam 10 malem ga berenti juga dan ga hujan aer, berarti itu beneran suara gemuruh merapi. Aku ga bisa tidur malam itu. Ibuku udah tidur, aku masih ketap ketip nyobain dengerin berita radio kali aja masih ada sinyal hp, secara malam itu kita kita kagak bisa akses berita samaaa sekali!!!!! Ya gimana mo nonton tipi, mati lampu dari pagi, ditambah lagi batere henpon ma laptop tinggal nunggu koid, Ya gimana juga mau internetan. Ahirnya aku bisa tidur juga setelah jam 11an. Menjelang dini hari, aku sempet kebangun gitu dan sempet nyadar kayaknya lampunya hidup, dan bapak ibuku sempet kulihat mondar mandir diruang tamu ga tau ngapain. Aku tidur lagi. Kira kira jam 1 malem tiba tiba kebangun lagi karena suara bapak ibu dari luar kamar entah pada ngapain, karena nyawaku juga belom ngumpul, antara bangun dan nggak aku nyadar ada suara di luar rumah ''ayo ayo ayooo'' plus langkah langkah orang orang trus ibuku juga mbangunin, Dia bilang ''ayo dek cepettt''. Waktu itu aku gak tau sebenernya merapi bener bener meletus lagi atau gimana yang jelas aku langsung cabut nyari tas tasku, ngambil jaket yang cuma ku kalungin aja dan nyrempangin juga tas laptopku. Bener bener deh ngerasa udah kayak mo kiamat, apalagi denger kenthongan mushola nambahin suasana genting aja. Aku tambah ribet kelimpungan nyari nyari sendal, mana ibuku berkali kali bilang ''yaallohh paringono slamet''' gitu teruss dengan wajah kayak apa dramatisnya aku ga sempet ngeliatin waktu itu. Abis itu aku buru buru keluar rumah. Nah pas lagi nginjek tanah depen rumah, ga nyangka lumpur udah begitu tebelnya, alhasil aku jatohhh, baju kena lumpur semua, tasku juga kena lumpur, asemm!!! Karena waktu itu ternyata hujan lumpurr, dan itu bener bener hujan lumpur asli, bukan campuran aer. Aku lari ke mobil yang udah siap depen garasi. Begitu masuk mobil, baru nyadar badan super gemeteran, tegang banget waktu itu, entah karena sebegitu takutnya atau karena udara yang malam itu emang dinginnn banget.
Mobil langsung di jalanin sama bapakku, ngarah ke selatan waktu itu. Bapakku juga bingung mo kemana karena dia juga baru bangun udah genting kayak gitu. Udah gitu ujan lumpur deras banget nimpain kaca mobil, tambah mencekam banget. Ujan lumpurnya bener bener segepok gepok kalo ku bilang sih, bikin kaca mobil depan ga keliatan, ditambah lagi gemuruh merapi masih ga berenti juga. Suasana kayak gitu baru kualami sekali itu seumur hidup. Lewat lapangan mobil bapaku ke selatan terus sampe prapatan mana gitu aku ga begitu jelass. Abis itu mobil belok ke arah jalan besar trus ngarah ke barat. Waktu itu kita sempet ngrencanain mau ke semarang ke tempat sepupuku yang tinggal disana tapi ngeliat lumpur pekat kayak gitu dan juga jalanan yang licin banget bapak ibuku agak ragu. Dijalan ujan lumpur tambah derass. Banyak kulihat di jalan orang orang juga bawa bondotan tas entah mau kemana. Aku tegang banget malam itu, udah gitu bapakku ga stabil banget bawa mobilnya. Ya mungkin karena baru bangun langsung genting kayak gini langsung nyetir, padahal orang nyetir kan perlu ketenangan.
Perasaanku makin ga enak karena mobil ini jalannya makin ga stabil aja. Nyampe gulon, tepatnya dimana aku ga inget secara gelap banget kaca juga buthek abiss. Di tengah jalan tiba tiba bapakku bener bener gabisa ngendaliin mobilnya kayaknya ban mobil selip aja gitu kena lumpur. Mobil itu tiba tiba muter kayak gasing di tengah jalan. Ya allah kita bener bener kayak udah ga ada harapan lagi, kita teriak teriak heboh dalem mobil. Untung aja bapakku segera bisa ngendaliin tu mobil sehingga tu mobil bisa berenti muter dan jalan lagi, percaya gak percaya banget soalnya lumayan lama tu mobil muter muter. Aku ga bisa bayangin kalo misalnya ada mobil laen waktu itu, untung aja jalannya lagi sepi, coba kalo ada mobil laen udah deh ga ngerti sekarang ini kayak ginana nasib kita. Yang jelas masih bersyukur banget karena aku dan keluarga masih diberi keselamatan. Setelah mobil jalan lagi badanku masih gemeteran tuh, shockk bangettt, bapakku mulai nyetir pelan pelan. Ternyata tadi itu bapakku bilang lumpurnya bikin dia ga seimbang, karena setiap belok dikit langsung ban mobil tu kayak mau muter aja. yo maklum, orang tadi siang aja katanya banyak pengendara motor yang tiba tiba jatoh gak jelas gitu tmasuk kakakku korbannya hihi, dia tiba tiba aja gitu jatoh pas naek motor, karena jalanan katanya licin banget banyak lumpur. Nyampe di pom bensin kita berenti karena kaca tuh udah butek abisss mau nyari aer aqua buat ngebersihin. setelah dari pom, akhirnya mobil udah mulai stabil karena kaca udah dibersihin, trus tadi udah agak menenangkan diri di pom juga
Akhirnya bapakku ngusulin buat malam itu kita sekeluarga nginep di hotel borobudur indah, sampe besok pagi ngeliat sikon dulu, kalo pagi masih belom aman yahh ngungsi disono dulu kalo aman ya pulang. Akhirnya mobil di arahin secara stabil ke hotel. Yang aku takjub di situ suasana bener bener tenang dan damai, gak ada atmosfer genting dan semrawut, kayaknya penduduknya juga lagi bermimpi indah. berarti cuma daerah timur aja yang hujan lumpur sama gemuruh dahsyat. Sampe hotel aku keluar dari mobil. Waktu itu jam 2 pagi kira kira Aku yang saat itu cuma make celana pendek sama kaos dan rambut yang acak acakanan (ya gimana mo sisiran ) Aku keluar dari mobil dengan pedenya dengan baju seadanya dan lumpur disana sini. Seingetku penampilan aku yang paling parah malam itu hahahah, secara yang laen lumayan bersih, gak kena lumpur segepok kayak aku hadeh.
Akhirnya kita masuk kamar hotel dengan sangat plong, walaupun masih deg degan juga kalo nginget tadi, apalagi pas insiden mobil selip tadi, kayak udah ga nonton tv berhari hari langsung setel tv one liat berita.Ternyata dijogja gak separah drumah tadi, mungkin karena anginnya banyakan kebarat kali ya #asemmm# dan ternyata emang merapi malam itu meletus dahsyat. Di sardjito ku lihat dari tv udah banyak korbannya, dan kita mulai malam itu resmi berstatus pengungsi, hikss!!

Komentar
Posting Komentar